Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya penerapan unggah-ungguh bahasa Jawa dalam membentuk karakter sopan santun. Peserta didik yang belum mencerminkan karakter sopan santun dalam berperilaku. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan unggah-ungguh bahasa Jawa dalam nilai sopan santun di SD Muhammadiyah 11 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui nilai karakter sopan santun dalam unggah-ungguh bahasa Jawa pada kelas V SD Muhammadiyah 11 Semarang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan peristiwa atau fenomena dengan data-data yang berbentuk infoemasi atau kata-kata. Lokasi penelitian di SD Muhammadiyah 11 Semarang Kelas V Semester 2. Data bersumber dari kata-kata hasil penelitian. Metode pengumpulan data : observasi, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data : pengumpulan data, keabsahan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Copyrights © 2019