Jurnal EDUTECH Undiksha
Vol 9, No 2 (2021): Desember

PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 SDIT FAIDLURRAHMAN KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS

Nikmawati, Nikmawati (Unknown)
Bintoro, Henry Suryo (Unknown)
Santoso, Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Gadget yaitu alat elektronik yang digunakan sebagai media informasi, media belajar dan sebagai hiburan. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri peserta didik secara pengetahuan, sikap dan keterampilan juga perubahan yang ada pada diri peserta didik akan menimbulkan peningkatan dan pengembangan yang lebih baik dan hasil dari suatu interkasi dari Tindakan belajar dan tindak mengajar. Siswa akan memperoleh hasil belajar yang maksimal apabila siswa memiliki kesungguhan dalam belajarnya. Kegiatan belajar yang dilakukan baik disekolah maupun di rumah harus berdasarkan dari keinginan yang timbul dari dalam dirinya tertarik untuk belajar, ketertarikan yang dimaksud adalah minat. Anak yang memiliki minat terhadap suatu hal yaitu belajar maka anak akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan dari kegiatan belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus (2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa kelas 5 SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode non eksperimen. Sampel yang digunakan adalah Teknik Non Probabiliti Sampling dan menggunakan samplingl jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 24 siswa dan guru kelas 5 SDIT Faidlurrahman. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1. Penggunaan gadget tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. 2. Penggunaan gadget berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa kelas V SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JEU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan teknologi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran ...