JOURNAL OF SPORT EDUCATION (JOPE)
Vol 3, No 2 (2021)

Analisis kelincahan, kecepatan, dan koordinasi mata-kaki dengan kemampuan dribbling tim sepak bola uss (uir soccer school)

Oca Fernandes AF (Universitas Riau)
Siti Maesaroh (Universitas Riau)
Muhammad Imam Rahmatullah (Universitas Riau)
Endang Murti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Febry Sulistiya (Program studi Ilmu Keolahragaan/Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mercu Buana), Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2021

Abstract

Kemampuan dribbling masih menjadi sebuah permasalahan yang dihadapi oleh pemain UIR Soccer School. Melalui hasil pengamatan, seringkali pemain kehilangan kontrol bola saat melakukan perubahan arah dribbling dan melewati lawan. Selain dribbling, permasalahan dalam penelitian ini terlihat dari kurangnya kelincahan dan koordinasi mata-kaki atlet tim sepak bola UIR Soccer School. Hal tersebut mengakibatkan tim kehilangan penguasaan bola dan mengalami transisi negatif dalam permainan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan pendekatan korelasional. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan adanya hubungan kecepatan, kelincahan, koordinasi mata-kaki dengan kemampuan dribbling sepak bola. Populasi penelitian ini adalah pemain UIR Soccer School dengan sampel 30 atlet. Data dikumpulkan mengunakan tes dodging run (mengukur kelincahan), tes lari 30 meter (mengukur kecepatan), modified soccer volley test (mengukur koordinasi mata-kaki) dan tes menggiring bola (mengukur kemampuan dribbling). Hasil analisis dari penelitian ini adalah dibutuhkan latihan yang lebih bervariasi dan kontinyu dalam meningkatkan kecepatan, kelincahan, dan koordinasi mata kaki tim sepak bola UIR Soccer School.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jope

Publisher

Subject

Education Other

Description

JOPE adalah wadah penerbitan jurnal-jurnal pendidikan olahraga yang sudah bersistem OJS (Open Journal System), terindeks Google Scholar dengan p-ISSN : 2654-4474 dan e-ISSN : 2654-9069 serta secara berkala terbit pada bulan desember dan juli. Artikel ilmiah yang dipublikasikan ialah hasil ...