Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman
Vol 9, No 1 (2021)

Islamic Business Ethics As A Practical Solutions In The Scope Of E-Commerce Business

Havis Aravik (Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang)
Luis Marnisah (Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang)
Achmad Irwan Irwan Hamzani (Universitas Pancasakti Tegal)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Abstrak  Penelitian ini membahas etika bisnis Islam sebagai solusi praktis dalam lingkup e-commerce. Tujuan penelitian untuk menjawab bagaimana solusi yang ditawarkan etika bisnis terhadap ruang lingkup bisnis e-commerce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan (library research) dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis objek penelitian yang berkaitan dengan topik, kemudian dianalisis dan terakhir ditarik kesimpulan serta dideskripsikan dalam bentuk laporan tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islam sebagai agama rahmatan lil alamen telah memberikan tuntunan kepada setiap manusia, khususnya kepada seluruh umat Islam, bahwa dalam aktivitas bisnis terdapat etika Islam yang melekat di dalamnya, termasuk dalam lingkup e-commerce. Etika tersebut dimaksudkan agar kegiatan bisnis tidak semata-mata menghasilkan keuntungan materil tetapi lebih dari itu memberikan manfaat lebih sehingga tercapai baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, Islam sangat mengatur berbagai kegiatan bisnis seperti produksi, konsumsi, perdagangan, persaingan dalam bisnis hingga memasarkan suatu produk kepada konsumen. Semua etika ini sangat penting dalam kegiatan bisnis e-commerce.  Abstract This article discusses Islamic business ethics as a practical solution in the scope of e-commerce. With the objective of the research to answer how the solutions offered by business ethics to the scope of the e-commerce business. This study used a literature approach by describing and analyzing research objects, later analyzed and finally drawing conclusions. The results of this study show that Islam as rahmatanlilalamien religion has provided guidance to every human being, especially to all Muslims, that in business activities there is an Islamic ethic inherent in it, including in the scope of e-commerce. The ethics are intended that business activities do not solely produce material benefits but more than that it gives more benefits so that it is achieved in both the world and the hereafter. Therefore, Islam really regulates various business activities such as production, consumption, trading, competing in business to market a product to consumers. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Al-masharif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Al-masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman is a peer-reviewed journal, is an economics publication of original research and writing on islamic economics. The journal aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of islamic economics and has an important role in promoting the ...