Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
Vol 10, No 2 (2021)

Pengembangan Wall Chart Sejarah Pemberontakan DI/TII Jawa Barat

Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim (Universitas Negeri Malang)
Abdul Fattah (Universitas Negeri Malang)
Muhammad Lingga Andana (Universitas Negeri Malang)
Putri Nur Fahriyanti (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Abstrak: Bahan ajar sangat diperlukan dalam proses penyampaian ilmu pengetahuan di kelas agar target tujuan pembelajaran tercapai sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Salah satunya bahan ajar yang disusun untuk mata pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XII adalah Wall Chart. Metode penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar mulai dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian yaitu Peserta Didik Kelas XII SMA. Materi bahan ajar yang digunakan yaitu “Pemberontakan  DI/TII Jawa Barat”. Pemberontakan tersebut diprakarsai oleh seorang aktivis bernama S. M. Kartosuwiryo. Perbedaan ideologi antara kelompok Islam dengan kelompok nasionalis pemicu terjadinya pemberontakan. Berdasarkan hasil survei diperoleh data bahwa pengembangan wall chart efektif dari empat indikator (Pendukung pembelajaran, pemaparan materi, pembelajaran mandiri dan menambah pengetahuan) yang digunakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan Wall Chart Pemberontakan DI/TII Jawa Barat efektif membantu peserta didik dalam memahami materi Pemberontakan DI/TII Jawa Barat.Kata Kunci: Bahan Ajar, Wall Chart, DI/TII Jawa Barat, S. M. Kartosuwirjo.Abstract: Teaching materials are needed in the process of delivering knowledge in the classroom so that the learning objectives are achieved in accordance with the curriculum used. One of the teaching materials prepared for the Class XII Indonesian History subject is the Wall Chart. This research method is the development of teaching materials ranging from analysis, design, development, implementation, and evaluation. The research subjects are students of class XII SMA. The teaching materials used are "DI/TII West Java Rebellion". The rebellion was initiated by an activist named S. M. Kartosuwiryo. The ideological difference between the Islamic group and the nationalist group triggered the rebellion. Based on the survey results obtained data that the development of an effective wall chart of the four indicators (Supporting learning, material exposure, independent learning and increasing knowledge) are used. So it can be concluded that the development of the DI/TII West Java Rebellion Wall Chart is effective in helping students understand the material for the West Java DI/TII Rebellion.Keywords: Teaching Materials, Wall Chart, DI / TII West Java, S.M Kartosuwiryo.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

criksetra

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, (P-ISSN: 1978-8673 dan E-ISSN: 2656-9620) merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Sriwijaya yang mempublikasikan hasil penelitian Pendidikan Sejarah, Kajian Ilmu Sejarah dan Ilmu Sosial Budaya dalam Pendidikan Sejarah. Jurnal ini ...