Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 6, No 3 (2014): Oktober 2014

STUDI KOMPARASI TINGKAT ASERTIFITAS PADA MAHASISWA PG-PAUD DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK

Sri Nugroho Jati (Unknown)
Diana . (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dekriptif komparatif untuk menggambarkan perbandingan tingkat asertifitas mahasiswa PG-PAUD ditinjau dari hasil The Rathus Assertiveness Schedule (RAS) dan Assertiveness Rating Scale (ARS). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGPAUD  angkatan tahun 2011 dan 2012 yang keseluruhannya berjumlah 70 mahasiswa. Alat ukur yang dipakai dalam penelitian ini adalah  The Rathus Assertiveness Schedule (RAS) dan Assertiveness Rating Scale (ARS) yang dimodifikasi. Dalam skala asertivitas mengukur tingkat asertifitas individu dengan menetapkan tiga kategori penilaian yaitu sepanjang waktu (skor 3), kadang-kadang (skor 2) dan jarang (skor 1). Skala asertifitas ini di  Analisis data akan dilakukan secara deskriptif yaitu menguraikan skor data hasil skala asertifitas pada 66 mahasiswa secara kuantitatf dan secara statistic dengan menggunakan uji t untuk melihat perbandingan variabel. Hasil penelitian Berdasarkan analisis data yang dialakukan dengan menggunakan teknik korelasi Pearson (2 taled), menunjukkan tidak ada hubungan yang sangat signifikan  perilaku asertif pada mahasiswa PGPAUD pada angkatan 2011 dan 2012 yaitu diketahui dari nilai r yang diperoleh sebesar -0,87 dengan signifikansi 0,629 > 0,05 (p>0,05). Dari hasil tersebut, maka dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan dari perhitungan uji statistik yang dilakukan disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat asertifitas pada mahasiswa PGPAUD angkatan tahun 2011 dan 2012, yaitu t hitung (1,816) < t tabel (2,04), sehingga Ha ditolak dan H0 diterima. Kata Kunci : Studi Komparasi, Assertiveness, Mahasiswa   Abstract : This study is a comparative descriptive study to illustrate the comparative level of student asertifitas PG-PAUD in terms of the results of the Rathus Assertiveness Schedule (RAS) and Assertiveness Rating Scale (ARS). The subjects were students PGPAUD force in 2011 and 2012 the total amounted to 70 students. Measuring instrument used in this study is the Rathus Assertiveness Schedule (RAS) and Assertiveness Rating Scale (ARS) are modified. In assertiveness scale measuring the level of individual asertifitas to establish three categories of assessment that is all the time (score 3), occasionally (score 2) and rare (score 1). This asertifitas scale in the data analysis will be carried out descriptive outlines asertifitas scale score outcome data on 66 students in kuantitatf and statistically by using t tests to compare variables. Based on the research results of data analysis done by using the Pearson correlation technique (2 taled), showed no significant relationship assertive behavior in students PGPAUD force in 2011 and 2012 that is known of the value of      r obtained at -0.87 with significance 0,629 > 0.05 (p> 0.05).  From these results, it can be said that overall from the calculation of statistical tests performed concluded that there was no difference in the level of the student asertifitas PGPAUD of 2011 and 2012 years,  t count (1.816) <t table (2.04), so that Ha is rejected and H0 is accepted. Keywords: Comparative Studies, Assertiveness, Student

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...