Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 3, No 3 (2021): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert

Wan Mia Rumita (Universitas PGRI Semarang)
Widya Kusumaningsih (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Saifuddin Zuhri (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah menengah kejuruan ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa dari kelas XI TKJ yaitu siswa dengan tipe kepribadian extrovert dan siswa dengan tipe kepribadian introvert. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket tipe kepribadian, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis dengan hasil wawancara. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis yang memperhatikan tipe kepribadian yang dimiliki. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa profil kemampuan komunikasi matematis siswa SMK bertipe kepribadian extrovert hanya mampu mencapai 2 indikator yaitu kemampuan menghubungkan benda nyata ke dalam ide-ide matematika dan kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dengan simbol-simbol matematika dalam menyajikan ide-ide matematika secara tertulis dan profil kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah menengah kejuruan bertipe kepribadian introvert mampu mencapai semua indikator dari mampu menguhubungan benda nyata ke dalam ide-ide matematika sampai mampu mengkomunikasikan kesimpulan jawaban permasalahan sehari-hari dengan pertanyaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...