Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan profil berpikir logis matematis siswa dalam penyelesaian soal cerita berbasis kearifan lokal pada materi geometri ruang yang ditinjau dari kecerdasan spasial siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jepara tahun 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas XII MIPA 1 yaitu 1 siswa yang memiliki kecerdasan spasial tinggi, 1 siswa yang memiliki kecerdasan spasial sedang, dan 1 siswa yang memiliki kecerdasan spasial rendah. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan tes tertulis dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu membandingkan hasil tes berpikir logis matematis dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) subjek dengan kecerdasan spasial tinggi mampu memenuhi seluruh indikator berpikir logis matematis dengan baik, (2) subjek dengan kecerdasan spasial sedang mampu memenuhi empat dari lima indikator berpikir logis matematis, (3) subjek dengan kecerdasan spasial rendah mampu memenuhi tiga dari lima indikator berpikir logis matematis.
Copyrights © 2021