Lensa
Vol 15 No 2 (2021)

ANALISIS MARKETING RELATIONSHIP STRATEGY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION SURVEI PADA PENGGUNA JALAN TOL PT. JASA MARGA (PERSERO)TBK CABANG JAKARTA-TANGERANG

Cahyono, Yoyok (Unknown)
Suheri, Suheri (Unknown)
Wanto, Wanto (Unknown)
Wardana, Wikrama (Unknown)
Gatot, Gatot (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis Marketing Relationship Strategy melalui Customer Satisfaction Survey pada pengguna jalan tol PT. Jasa Marga (Persero)Tbk Cabang Jakarta– Tangerang (JM Janger). Metode pengumpulan datanya menggunakan data primer dan data sekunder, sedangkan pengumpulan datanya melalui metode survei yaitu kuesioner,wawancara, observasi langsung pada obyek yang diteliti dan riset kepustakaan, metode analisis menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif dengan analisis deskriptif Marketing Relationship Strategy melalui Customer Satisfaction Survey pada pengguna jalan tol JM Janger. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Marketing Relationship Strategy melalui Customer Satisfaction Survey pada pengguna jalan tol JM Janger telah menunjukkan hasil yang bervariasi, Berdasarkan analisis marketing relationship strategy terdapat perbedaan masing- masing segmen, menyebabkan JM Janger harus menyusun strategi yang berbeda untuk meningkatkan hubungan pelanggan yaitu relationship strategy segmen pelanggan golongan 1 dengan ciri-ciri memiliki tingkat kepuasan yang lebih rendah, perlu ditingkatkan kesadarannya dengan selalu mengkomunikasikan benefit product yang dikeluakan JM Janger serta memantau harapan dan keinginan pelanggan secara periodik. Sedangkan kepada segmen pelanggan non golongan I dengan ciri-ciri kepuasan relatif tinggi, JM Janger sebaiknya terus menerus meningkatkan pelayanannya dengan memberi perhatian yang cukup tinggi dan pelayanan tepat waktu, selalu memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga dapat memberikan nilai produk yang superior kepada pelanggan. Oleh karena hubungan kolaboratif JM Janger dengan pemasok dan mitra kerja bersifat komplek, sehingga memiliki potensi konflik. Karena itu kejujuran, komunikasi, saling pengertian dan komitmen pada masing-masing partner yang berkolaborasi sangat diperlukan. Dengan mekanisme-mekanisme yang diterapkan JM Janger sehingga tercapainya hubung yang tulus (Genuine Relationship).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lo

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Dalam setiap terbitnya Lensa mencakup tiga displin ilmu sesuai dengan Fakultas yang tersedia di Universitas Pramita Indonesia , yaitu : Ilmu Sosial dan Politik, Ekonomi & Bisnis dan Sains & Teknologi. Journal Lensa developed with the aim of accommodating the scientific work of Lecturers, both the ...