Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 3 No. 2 (2020): Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaaan Islam Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping

Rofi’ah Rofi’ah (Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2021

Abstract

Sikap jenuh dalam belajar adalah salah satu permasalahan yang mengakibatkan turunnya motivasi siswa dalam pembelajaran Sejarah 2 Kebudayaan Islam (SKI), yang harus dicari solusinya. Metode mind mapping yang diterapkan dalam kuliah SKI dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode pelaksanaan pembelajaran mind mapping pada mata kuliah SKI dapat : (1) meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) meningkatkan aktivitas siswa dan membuat kualitas, dan (3) peningkatan belajar siswa untuk membuat kreatif dan bervariasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

attadrib

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah is published by the Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, STAI Daruttaqwa Manyar Gresik in collaboration with Indonesian Islamic Elementary Education Lecturers Association (Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia). Publishing twice a year, ...