Pada sistem keanggotaan data member merupakan aset yang sangat penting, hal tersebut dapat di manfaatkan untuk mendapatkan pemasukan melalui media iklan. Dengan banyaknya member yang memiliki latarbelakang demografi yang berbeda-beda Mengakibatkan informasi yang di diberikan kepada pengguna tidak selalu sesuai kebutuhan. Sehingga di perlukan cara, bagaimana agar informasi yang diberikan kepada setiap orang itu lebih relevan. Ontologi dimanfaatkan sebagai domain pengetahuan dalam pemberian sugesti iklan tertarget. Ontologi dibangun melalui proses perancangan yang diadaptasi dari metode perancangan ontologi Gruninger and Fox dan Methontology. Rancangan yang dihasilkan dari metode tersebut kemudian diimplementasikan menggunakan bantuan tool protege. Proses pengembangan ontologi melalui sejumlah tahapan konseptualisasi hingga formalisasi dari domain keahlian. Penelitian ini menghasilkan ontologi dari domain sugesti iklan yang terdiri atas 41 kelas, 28 relasi,78 atribut dan 51 aturan yang telah memenuhi kriteria konsistensi. Kemampuan ontologi dalam menyediakan pengetahuan sugesti iklan, menunjukkan ontologi telah memenuhi kriteria completeness berdasarkan pertanyaan kompetensi dan ekspektasi jawaban.
Copyrights © 2016