INFOSYS (INFORMATION SYSTEM) JOURNAL
Vol 4, No 1: INFOSYS Februari 2016

FORMALISASI ONTOLOGI BERBASIS WEB SEMANTIK DAN PENGUJIAN SPARQL QUERY

Nuri Cahyono (Magister Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta Telp: (0274)884201-207 Fax: (0274) 884208)
Ema Utami (Magister Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta Telp: (0274)884201-207 Fax: (0274) 884208)
Armadyah Amborowati (Magister Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Jl. Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta Telp: (0274)884201-207 Fax: (0274) 884208)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2017

Abstract

Pada sistem keanggotaan data member merupakan aset yang sangat penting, hal tersebut dapat di manfaatkan untuk mendapatkan  pemasukan melalui media iklan. Dengan banyaknya member yang memiliki latarbelakang demografi yang berbeda-beda Mengakibatkan informasi yang di diberikan kepada pengguna tidak selalu sesuai kebutuhan. Sehingga di perlukan cara, bagaimana agar informasi yang diberikan kepada setiap orang itu lebih relevan. Ontologi dimanfaatkan sebagai domain pengetahuan dalam pemberian sugesti iklan tertarget. Ontologi dibangun melalui proses perancangan yang diadaptasi dari metode perancangan ontologi Gruninger and Fox dan Methontology. Rancangan yang dihasilkan dari metode tersebut kemudian diimplementasikan menggunakan bantuan tool protege. Proses pengembangan ontologi melalui sejumlah tahapan konseptualisasi hingga formalisasi dari domain keahlian. Penelitian ini menghasilkan ontologi dari domain sugesti iklan yang terdiri atas 41 kelas, 28 relasi,78 atribut dan 51 aturan yang telah memenuhi kriteria konsistensi. Kemampuan ontologi dalam menyediakan pengetahuan sugesti iklan, menunjukkan ontologi telah memenuhi kriteria completeness berdasarkan pertanyaan kompetensi dan ekspektasi jawaban.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

INFOSYS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

INFOSYS Journal adalah jurnal Ilmiah di bidang Ilmu Komputer yang mencakup bidang ilmu Sistem informasi, Sistem Informasi Geografis, Sistem Pakar dan Sistem Penunjang Keputusan yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Assosiasi profesi bidang ilmu komputer, IndoCEISS ...