Artikel ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penelitian wacana sastra dalam sepuluh tahun terakhir serta implementasinya dalam dunia pendidikan.Wacana sastra apa saja yang paling banyak diteliti, dan yang masih sedikit diteliti, atau belum pernah diteliti sama sekali. siapa saja yang terlibat dalam penelitian tersebut serta implementasinnya bagi prodi pendidikan bahasa dan sastra indonesia. Artikel ini tergolong pada penelitian kepustakaan, berkenaan dengan hal itu, maka metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka, yaitu mengumpulkan data primer dan sekunder, dengan menggunakan model analisis van djik yang terkait denganperkembangan penelitian wacana sastra selama sepuluh tahun terakhir. hasil penelitian menemukan banyaknya pendekatan yang dapat dilakukan dalam penelitian wacana sastra seperti (1) Sosiologi Sastra, (2) Strukturalisme Genetik, (3) Hermeneutika, (4) Feminisme, (5) Mimetik, (6) Stilistika, (7) Kesantunan Berbahasa. Penelitian ini didominasi oleh mahasiswa sastra yang banyak mengkaji tentang feminisme dan beberapa orang dosen.Kesantunan berbahasa termasuk kajian yang masih baru sehingga masih sedikit yang meneliti.Implementasi yang diharapan kedepanya adalah mahasiswa mampu mengembangkan penelitian wacana sastra yang masih sedikit diteliti dan mampu menemukan pendekatan baru dalam meneliti kajian wacana sastra.
Copyrights © 2020