Jurnal Komunitas Bahasa
Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN

Vivi Wulandari (Universitas Asahan)
Rina Hayati Maulidiah (Universitas Asahan)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisis unsur-unsur intrinsik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 171 siswa. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X IPA-2 dan kelas X IPA-5) yang diambil secara random sampling. Pada kelas X IPA-2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Numbered Heads Together dan pada kelas X IPA-5 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh post-test dengan hasil rata-rata kelas eksperimen = 86,71, standar deviasi = 4,61, standar error = 0,79,  maka diperoleh nilai tertinggi = 95, dan nilai terendah = 80 dan rata-rata kelas kontrol = 64,39, standar deviasi = 7,49, standar error = 1,32, maka diperoleh nilai tertinggi = 75, dan nilai terendah = 40. Selanjutnya uji normalitas diperoleh dari kedua data tersebut t0 sebesar 15,39, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% =2,00 karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 15,39 > 2,00 pada taraf signifikan 1% = 2,65, t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 15,39 > 2,65 maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya pengaruh terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik pada cerpen “Pertemuan Senja” karangan Jauza menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Komunitas Bahasa menerbitkan manuskrip tentang penelitian pengajaran bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal Komunitas Bahasa menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmu pengetahuan di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari ...