Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain peran (role playing) terhadap pemahaman cerita rakyat”Legenda Danau Toba” pada siswa kelas X SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian the randomized posttest only experiment and control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 220 siswa. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X TKJ 5 dan X TKJ 6) yang diambil secara cluster random. Pada kelas X TKJ 5 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode bermain peran (role playing)dan pada kelas X TKJ 6 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperolehnilai dengan hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 80 dan kelas kontrol 72,5. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, dk = 58 yaitu 6,69 > 2,00 dan pada taraf signifikan 1%, dk = 58 yaitu 6,69 > 2,65. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode bermain peran (role playing) terhadap pemahaman cerita rakyat ”Legenda Danau Toba” pada siswa kelas X SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran.
Copyrights © 2018