Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 3 (2021): July-September

Implementasi Guru Dalam Pembelajaran Daring, Luring Dan Tatap Muka Pada Masa Covid-19

Darsini Darsini (STKIP Modern Ngawi)
Prima Rias Wana (STKIP Modern Ngawi)
Djoko Hari Supriyanto (STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2021

Abstract

Adanya wabah dan penularan Covid-19 kondisi ini tentunya memberi dampak yang sangat fatal dalam keberlangsungan pendidikan terutama di negara kita Indonesia. Walaupun demikian kita berharap dapat melewati ujian ini dengan adanya kebersamaan dalam mengikuti aturan pemerintah dan kita harus melaksanakan aturan tersebut agar kita, keluarga kita dan orang-orang yang ada disekitar kita terhindar wabah dan penularan Covid-19 tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi guru dalam pembelajaran daring, luring dan tatap muka pada masa Covid-19 di Kelas IV SDIT Ummul Qurro’ Gondang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah anlisis diskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ditujukan kepada kepala sekolah dan guru kelas IV SDIT Ummul Qurro’ Gondang. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Adanya kesiapan guru dalam pembelajaran, dimana guru telah siap dalam pembuatan RPP sebelum pelajaran dimulai, kesiapan dalam daftar kelas dimana buku daftar kelas sudah diisi guru sesuai kehadiran siswa, kesiapan dalam jurnal pembelajaran, dimana buku jurnal pembelajaran sudah diisi setiap hari oleh guru sesuai jadwal mengajar dan kesiapan dalam daftar penilaian, dimana buku penilaian sudah diisi oleh guru mulai nilai ulangan harian, nilai tengah semester dan nilai akhir semester. (2) Metode, pendekatan, kendala guru dalam pembelajaran serta hasil yang dicapai guru setelah proses pembelajaran, dimana guru menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan demonstrasi, guru menggunkan pendekatan Scientific Approach, kendala guru dalam pembelajaran adalah ketersediaan alat pendukung yang kurang atau HP, masalah finansial dan psikologis, pengeluaran guru menjadi bertambah dan guru harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan. Jadi yang dicapai guru setelah proses pembelajaran daring, luring dan tatap muka, dimana setelah dilaksanakan pembelajaran semangat, kedisiplinan dan kesiapan guru dalam pembelajaran meningkat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...