PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif
Vol 4, No 2 (2019): PROPORSI Mei 2019

REKONTRUKSI SETTING FILM 70-AN PADA IKLAN OVO VERSI “TANGIS TAK BERUJUNG”

Triadi Syadian (Prodi Televisi dan Film Universitas Potensi Utama)



Article Info

Publish Date
06 May 2019

Abstract

Penelitian ini berjudul Rekontruksi setting film 70-an pada  Iklan OVO versi “Tangis Tak Berujung”. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan serta memaparkan kreatifitas  dan struktur estetik dalam merekontruksi sebuah iklan layaknya film tahun 70-an. Iklan dari OVO menggunakan medium sosial media YouTube dan sempat menjadi trending. Untuk sebuah iklan, iklan ini terbilang sangat berhasil dalam menarik minat khalayak dengan mendapatkan penonton (viewer) sebanyak sembilan juta lebih hanya dalam waktu dua minggu. Penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan pendekatan teori estetika kreatifitas dari monroe Beardsley yang menekankan kepada kesatuan, kerumitan, dan kesungguhan. Metode pengumpulan data dengan observasi dan studi pustaka serta wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan OVO versi “Tangis Tak Berujung” mampu dengan sangat baik memvisualisasikan setting film 70-an dan telah memenuhi kaidah estetika pada iklan medium sosial media YouTube.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PROPORSI

Publisher

Subject

Arts Social Sciences

Description

PROPORSI adalah sebuah jurnal ilmiah dalam bidang desain, multimedia dan industri kreatif. Jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Potensi Utama Medan. PROPORSI diterbitkan setahun dua kali yaitu pada bulan November dan Mei. Jurnal ini ...