Wawasan Pendidikan
Vol 1, No 1 (2021)

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 TRATEMULYO

Ety Arfiana Kurniasari (Universitas PGRI Semarang)
Sukamto Sukamto (Prodi PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VI SD Negeri 2 Tratemulyo melalui model Concept Sentence dengan media gambar. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa skor keterampilan guru mengalami peningkatan, yaitu 26(baik) pada siklus I menjadi 29(baik) pada siklus II, dan 34(sangat baik) pada siklus III. Aktivitas siswameningkat dari 24 (baik) pada siklus I menjadi 26 (baik) pada siklus II, dan 31 (sangat baik) pada siklus III. Hasil belajar siswa secara klasikal meningkat dari 56% pada siklus I menjadi 72% pada siklus II, dan 88% pada siklus III. Simpulan penelitian ini adalah model Concept Sentence dengan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VI SD Negeri 2 Tratemulyo.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

wp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wawasan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Terbit dua kali setahun pada bulan Februari dan Agustus dengan fokus jurnal pada pembelajaran dan pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, ...