Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media permainan sidewalk chalk dan menguji kelayakan produk. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrument pengumpulan data menggunakan observasi, angket untuk ahli materi dan ahli media yang merupakan seorang dosen PG-PAUD. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif statistik deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media permainan sidewalk chalk layak untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun. Hal ini dapat ditunjukkan pada kelayakan materi dan media yang memiliki presentase 90% oleh ahli materi, kemudian ahli media yang memberikan validasi dengan presentase 77%, dan dari uji coba pengguna sepuluh guru adalah sebesar 77%. Ada beberapa saran yang akan disampaikan: (1) penelitian ini diharapkan dijadikan bahan wawasan kepada sekolah untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan, dan (2) penelitian ini diharapkan menjadi acuan pembelajaran dan menjadi referensi dalam penelitian selanjutnya.
Copyrights © 2021