FOCUS: Journal of Social Studies
Vol 2 No 2 (2021): FOCUS: Jurnal Ilmu Sosial

Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen : Studi Kasus Pada Rumah Makan Ayam Geprek dan Seafood Genangan di Cilodong, Depok

Dian Mustika Sari (Universitas Indraprasta PGRI)
Khoirul Umam (Universitas Indraprasta PGRI)
Lutfia Rizkyatul Akbar (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2021

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui dan mengukur pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Ayam Geprek dan Seafood Genangan Cilodong, Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut benar atau tidak dengan menggunakan teknik analisis data diantaranya : persamaan regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis dan metode csi (customer satisfaction index). Hasil uji analisa yang dilakukan maka didapatkan hasil persamaan regresi adalah Y = 16,130 + 1,553 X dengan hasil perhitungan korelasi r sebesar 0,76 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara harga dengan kepuasan konsumen. Untuk perhitungan koefisien determinasi 57,76% yang artinya harga menyumbangkan kontribusi 57,76% terhadap kepuasan konsumen dan sisanya 42,24% yang dipengaruhi oleh faktor lainnya. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0,05 dimana diperoleh thitung 11,57 > ttabel 1,984 maka Ho ditolak artinya terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Ayam Geprek dan Seafood Genangan di Cilodong, Depok.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

focus

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

FOCUS is a Journal of Social Studies Manuscripts for FOCUS must fall into one of the following categories: 1. Sociology 2. Anthropology 3. Psychology 4. Economy 5. Social Geography 6. Politics 7. History 8. Other Social ...