Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 10, No 3 (2021)

PENGGUNAAN ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM INTERAKSI MASYARAKAT DI KECAMATAN CABANGBUNGIN KABUPATEN BEKASI

Eva Muzdalifah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Sinta Rosalina (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alih kode dan campur kode dalam interaksi masyarakat di Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah beberapa masyarakat Kecamatan Cabangbungin, di sini peneliti memakai 3 narasumber yaitu: Anisah (18) dari Desa Jayalaksana, Umi (17) dari Desa Setialaksana, dan Nela (18) dari Desa Sindangsari. Mereka bertiga adalah masyarakat Cabangbungin dari 3 desa berbeda. Penelitian ini peneliti mengambil objek dari tindak tutur masyarakat Kecamatan Cabangbungin. Penelitian ini memakai teknik pengumpulan data melalui terjun langsung ke lapangan atau observasi. Peneliti mencoba berinteraksi dengan berbagai sumber yang menggunakan bahasa Jawa Indramayu untuk diteliti dalam penggunaan alih kode dan campur kode dengan bahasa Indonesia. Peneliti memakai teknik cakap, rekam, dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan cara klasifikasi data, dan analisis data. Pada penelitian ini peneliti menemukan 10 wujud alih kode dan campur kode. Terdapat 4 wujud alih kode yang semuanya alih kode internal dan 6 wujud campur kode, dengan 2 campur kode internal dan 4 campur kode eksternal. Kata Kunci: Alih Kode, Campur Kode, Interaksi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...