Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 10, No 3 (2021)

PENGARUH KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA TANGERANG

Enawar Enawar (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Tangerang adalah pengajaran dengan menggunakan metode discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode discovery learning pada kelas eksperimen dan tidak menggunakan metode discovery learning pada kelas kontrol. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design. Bentuk quasi eksperimental design yang digunakan pada penelitian ini adalah bentuk Nonequivelent Control Group Design yang tidak dipilih secara acak karena alasan-alasan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Tangerang dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa untuk masing-masing kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis siswa yang tidak menggunakan metode discovery learning adalah Thitung = 0,458 < Ttabel = 2,021 dan uji hipotesis siswa yang menggunakan metode discovery learning adalah Thitung = 2,844 > Ttabel = 2,021. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi antara siswa yang diberi perlakuan dengan siswa yang tidak diberi perlakuan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa/mahasiswi, para tenaga pengajar khususnya untuk bidang bahasa Indonesia. Serta mampu memotivasi siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, sehingga siswa dapat menjadi siswa yang berprestasi.Kata kunci: discovery learning, menulis teks eksposisi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...