JUTECH : Journal Education and Technology
Vol 1, No 2 (2020): JUTECH DESEMBER

PENGARUH PEMANFAATAN WEB (WEB BASED LEARNING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KECAKAPAN KEWARGANEGARAAN (CIVIC SKILL) SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 SINTANG

Pascalis Emanuel Chunoi (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
Antonius Edy Setyawan (STKIP Persada Khatulistiwa)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

ABSTRACTThe advance of science and technology nowadays especially internet lead to the advance of human life. Unfortunetely, it has not used optimally in teacing and learning. Using web in teacing and learning probably can increase students motivation, and then increase of students achievement.Quasy experiment was used in this research, with in-take as a design. Learning motivation scale and achievement test was used to collect data. Data analysis data were conducted with descriptive statistic, then were analyzed by t-test and regression analysis.The research result showed that: (1) there was a positive effect of using Web in teaching and learning on students motivation on civic education in class XI SMA Negeri 2 Sintang significantly; (2) there was a positive effect of using Web in teaching and learning on students achievent on civic education in class XI SMA Negeri 2 Sintang significantly;  and (3) there was a direct and indirect effect of using Web in teaching and learning on civic skill through learning motivation on civic education in class XI SMA Negeri 2 Sintang.Keywords: Web Based Learning ; Learning Motivation; Students; Science Achievement.ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perkembangan IPTEK terutama teknologi internet belakangan ini di satu pihak, namun belum dimanfaatkan secara optimal di lain pihak. Pemanfaatan web dalam pembelajaran  boleh jadi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dan sekaligus juga meningkatkan perolehan belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimen semu, dengan rancangan in-take. Instrument yang digunakan adalah skala motivasi belajar  dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif, kemudian dilanjutkan dengan uji-t dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh positif yang signifikan dari pembelajaran berbasis Web (Web Based Learning)  terdapat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI di SMA Negeri 2 Sintang; (2) ada pengaruh positif yang signifikan dari pembelajaran berbasis Web (Web Based Learning) terhadap perolehan kecakapan kewarganegaraan (civic skill) siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI di SMA Negeri 2 Sintang, dan (3) ada pengaruh langsung dan tidak langsung Pembelajaran Berbasis Web (web based learning) terhadap perolehan percakapan kewarganegaraan (civic skill) melalui motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaran kelas XI di SMA Negeri 2 Sintang Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Web; Motivasi Belajar; Perolehan Belajar PKn

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jutech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JUTECH : Journal Education and Technology adalah jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian di bidang teknologi pendidikan, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan ...