Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi
Vol 3 No 1 (2021): Maharsi : Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi

DIALOG DAN NEGOSIASI “RUANG PUBLIK” PASCA PEMBANGUNAN ACEH Catatan Etnografi Atas Narasi Islam Dan Kebudayaan

Ibnu Mujib (IKIP Budi Utomo)



Article Info

Publish Date
20 May 2021

Abstract

Tulisan ini mengusung perspektif dialog dan negosiasi tentang Islam dan budaya di Aceh. Sepuluh tahun setelah pembangunan di Aceh telah diasumsikan bahwa konteks tsunami bagi pembangunan Aceh telah memberikan pelajaran berharga bagi masyarakat, termasuk kompleksnya masalah chaos yang terus direproduksi dan menjadi beban sejarah pasca- masyarakat pembangunan Aceh. Beberapa hal penting yang dibahas dalam makalah ini adalah membuka dan mereproduksi “ruang publik” yang diharapkan dapat membangun narasi keterbukaan, egalitarianisme, inklusivitas Islam dari berbagai kelompok keragaman. Tulisan ini ditulis dengan pendekatan etnografi dengan penekanan pada metode kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa munculnya kebangkitan Islam di Aceh bukan hanya gejala benturan tajam budaya lokal dan global, tetapi juga merupakan bagian dari praktik sosial yang muncul akibat terbatasnya “ruang publik” yang diciptakan. Melalui tekanan budaya global yang masif pascakonflik dan tsunami, juga menandai pergeseran nilai di berbagai tingkatan, mulai dari gaya hidup, mentalitas, bahkan pada tataran pandangan dunia masyarakat Aceh. Oleh karena itu, bagaimana sebuah “ruang publik” yang dapat menampung berbagai kepentingan yang muncul, berdialog, bahkan bernegosiasi persimpangan chaos dapat diciptakan dan dikelola di era pasca pembangunan saat ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

maharsi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Maharsi ini divisikan sebagai wadah bagi para peneliti, baik di lingkungan Jurusan Pendidikan Sejarah dan Sosiologi IKIP Budi Utomo Malang maupun diluar IKIP Budi Utomo Malang untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitiannya dan hasil kajian teori terutama dalam bidang Pendidikan, Sejarah, dan ...