Journal for Lesson and Learning Studies
Vol 2, No 1 (2019): April

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA

Kurniawati, Ria (Unknown)
Irawan, Sapto (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2019

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Tengaran dengan subyek kelas XI IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan Pengaruh perhatian orang tua terhadap kebiasaan belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tengaran tahun ajaran 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh atau seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tengaran yang berjumlah 120 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala perhatian orang tua dan skala kebiasaan belajar, yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Sayekti Pujo Sarwono (1994) yang disusun oleh Binta Mutabaroh (2008)  dan skala kebiasaan belajar mengacu pada teori Nana Sudjana (2005). Untuk pengolahan data menggunakan progam SPSS for Windows 21.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap kebiasaan belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tengaran tahun ajaran 2018/2019 dengan hasil t hitung sebesar (2.999) > t tabel (1.980), R = 0,418, koefisien determinasi R Square = 0,185 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0.05, sehingga hipotesis diterima. Sumbangan koefisien derminasi (R Square) adalah 0,185 yang artinya perhatian orang tua memiliki kontribusi sebesar 18,5% terhadap kebiasaan belajar sedangkan 81,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapai.Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Kebiasaan Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...