Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 2 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA tentang Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Bumirejo Tahun Ajaran 2017/2018

Hirama, Sinta (Unknown)
Suhartono, Suhartono (Unknown)
Chamdani, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Team Quiz; dan (2) meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui penerapan model Team Quiz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Team Quiz dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA tentang perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Bumirejo tahun ajaran 2017/2018.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...