Pada siklus I dari sejumlah siswa sebanyak 40 siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 64,55. Hal ini masih berada di bawah SKBM sebesar 75. Ini terlihat masih banyaknya siswa memperoleh nilai 60 sebanyak 21 siswa dengan prosentase yang dicapai sebesar 52.5% dan siswa yang memperoleh nilai 70 sebanyak 19 anak dengan prosentase sebesar 47.5%. Maka dari hasil prestasi belajar tersebut di atas yang belum memasuki SKBM yang ditentukan, maka perlu diadakan kegiatan Siklus yang ke II. Dari pada Siklus yang ke II memiliki nila rata-rata sebesar 73,03. Hal ini masih berada dibawah SKBM sebesar 75, ini terlihat masih banyaknya siswa memperoleh nilai 60 sebanyak 4 siswa dengan prosentase yang dicapai sebesar 12,13% dan siswa yang memperoleh nilai 70 sebanyak 18 anak dengan prosentase sebesar 87,88%. Serta siswa yang memperoleh nilai 80 sebanyak 18 anak dengan prosentase sebesar 87,88%. Maka dari hasil prestasi belajar tersebut diatas yang belum memenuhi SKBM yang ditentukan, maka perlu diadakan kegiatan Siklus III. Pada Siklus ke III diperoleh. Dari sejumlah siswa sebanyak 40 siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 89,28. Hal ini masih berada di bawah SKBM sebesar 75, ini terlihat masih banyaknya siswa memperoleh nilai 60 sebanyak 4 siswa dengan prosentase yang dicapai sebesar 12,13% dan siswa yang memperoleh nilai 70 sebanyak 10 anak dengan prosentase sebesar 30,31%. Serta siswa yang memperoleh nilai 80 sebanyak 22 anak dengan prosentase sebesar 66,67%. Serta siswa yang memperoleh nilai 90 sebanyak 4 anak dengan prosentase sebesar 12,13%. Maka dari hasil prestasi belajar tersebut di atas yang belum memenuhi SKBM yang ditentukan, maka tidak perlu diadakan kegiatan Siklus berikutnya. Berdasarkan uraian tersebut, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini : “Jika pembelajaran bidang studi Bahasa Inggris dengan menggunakan Discovery Learning Pembelajaran yang mengembangkan hasil penemuan peserta didik sebagai alat atau metode dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa”, dapat diterima.
Copyrights © 2020