Jurnal Profesi dan Keahlian Guru
Vol 1 No 1 (2020): Vol 1 No 1 (2020)

Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Mobilitas Vertikal Ke Bawah (Social Sinking) Melalui Multipt Accut Approach Siswa Kelas IX-2 Semester Ganjil Di SMP Negeri 1 Ngadirojo

Sucipto, S.Pd.M.MPd. (SMP Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Dalam kegiatan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu memerlukan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang. Dalam penelitian ini Penulis mengambil judul : Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Mobilitas Vertikal ke Bawah (Social Sinking) Melalui Multipt Accut Approach (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan seluruh potensi peserta didik) Siswa Kelas IX-2 Semester Ganjil di SMP Negeri 1 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil dari penelitian ini adalah dari hasil prestasi Siklus I secara rata-rata hasil yang dapat dicapai siswa sebesar 63,63 (64%). Hal ini masih berada dibawah standart KKM yang telah dicantumkan pada tahun ajaran baru sebesar 75 (75%). Maka dari hasil proses pembelajaran tersebut perlu dilakukan perbaikan pada sikluis II dan masih dinyatakan Belum Tuntas atau Belum Berhasil. Dan dari hasil prestasi pada siklus II secara rata-rata hasil yang dapat dicapai siswa sebesar 73,1 (73%). Hal ini masih dibawah standart KKM yang telah dicantumkan pada tahun ajaran baru sebesar 75 (75%). Maka dari hasil proses pembelajaran tersebut perlu diadakan perbaikan pada siklus III dan masih dinyatakan Belum Tuntas atau Belum Berhasil. Serta dari hasil prestasi pada siklus III secara rata-rata hasil yang dicapai siswa sebesar 83,6 (84%). Hal ini masih berada dibawah standart KKM yang telah dicantumkan pada tahun ajaran baru sebesar 75 (75%). Maka dari hasil proses pembelajaran tersebut tidak perlu dilakukan perbaikan pada siklus berikutnya dan dinyatakan Tuntas atau Berhasil.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPKG

Publisher

Subject

Education

Description

Berisi karya ilmiah tentang usaha-usaha pengembangan pendidikan,Hasil dari penelitian dari insan pendidik dan insan yang peduli dengan ...