JURNAL ESA
Vol 3 No 2 (2021): Agustus

Pengaruh Besarnya Upah Minimum Provinsi Buruh Tani terhadap Produktifitas Kerja: (Studi Usaha Tani Bawang Merah di Desa Sumberwringin Kecamatan Sukowono Jember)

Supriyanto (Abu Zairi Bondowoso College of Sharia Sciences)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2021

Abstract

Pertanian merupakan sektor mata pencaharian utama bagi penduduk Indonesia. Sebagian rumah tangga di Indonesia adalah rumah tangga pertanian yang berada di pedesaan rumah tangga pertanian merupakan rumah tangga petani pengguna lahan, baik lahan kering maupun lahan basah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penetapan besarnya UMP terhadap buruh tani bawang merah di desa sumberwringin kecamatan Sukowono, (2) mengetahui pengaruh besarnya UMP terhadap perilaku kerja dan konsumsi buruh tani bawang merah di desa sumberwringin kecamatan Sukowono. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yakni menjelaskan pengaruh upah terhadap perilaku kerja dan konsumsi. Sumber data primer dan sekunder diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik interview, Observasi. Hasil penelitian ini, penulis memperoleh kesimpulan bahwa Penetapan upah minimum yang layak dapat digunakan sebagai jaring pengaman sosial serta merupakan hal yang penting dalam membina hubungan industrial yang kondusif antara tenaga kerja dan pemberi kerja. Pendidikan buruh tani bawang merah berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan hidup mereka.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

esa

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

URNAL ESA, Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, diterbitkan oleh Program Studi : Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara dosen, alumni, mahasiswa, pembaca dan pemerhati masalah Ekonomi Syariah. Dan untuk menyalurkan hasil ...