LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 2 (2020): LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Model Kemitraan Sekolah dengan Pondok Pesantren dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam

Jasmani (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2020

Abstract

This study seeks to reveal, the partnership model, the implementation of partnerships, and the implications of school partnerships with in Islamic boarding school in Islamic education institutions development which has been conducted at MA Almaarif Singosari Malang. This study used a case study of qualitative approach.  Data analysis techniques from John W. Creswell by applying the coding process, identifying the core themes, cultural themes. The research informants were the head of the school. the caregiver of the boarding school, all the deputy head of the school, teachers and students. The results of the study showed that: 1) the partnership model that is established is a mutualistic partnership (mutualism partnership). This can be seen from the practices that are interrelated and need each other, and mutually beneficial, 2) the implementation of this partnership showed a good result, such as: input, process and output. the partnership implicated directly to the students’ achievement, the superiority of religion, and image positive. Penelitian ini berupaya untuk mengungkap, model kemitraan, implementasi kemitraan, dan implikasi kemitraan sekolah dengan pondok pesantren dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam yang dilakukan di MA Almaarif Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dari John W. Creswell dengan menerapkan proses coding, mencari tema inti, tema kultural. Informan penelitian adalah kepala madrasah, pengasuh pondok pesantren, semua wakil kepala madrasah, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) model kemitraan yang terjalin adalah kemitraan mutualistik (mutualism partnership). Hal ini dapat dilihat dari praktik-praktik yang saling terkait dan saling membutuhkan, serta saling menguntungkan; 2) implementasi kemitraan sudah berjalan dengan baik meliputi: Input, proses, output. 3) kemitraan berimplikasi langsung pada prestasi siswa, keunggulan bidang keagamaan, dan image positive. Kata Kunci: model kemitraan, pengembangan lembaga pendidikan Islam, pondok pesantren, sekolah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ldr

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian MPI, baik kajian literatur ...