ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol. 1 No. 1 (2020): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi

Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember

Dewi Hariyanti (IAIN Jember)
Arinal Haq Mun'im (IAIN Jember)
Nurul Hidayat (IAIN Jember)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2020

Abstract

Home learning policies lead to all educational institutions, including colleges organizing online learning. In its implementation, it was found various obstacles experienced by students during online learning, especially for biology students. This study aims to identify student barriers in implementing online biology learning during the Covid-19 pandemic. This research is a qualitative research with descriptive method. Data collection using closed questionnaires, interviews, and literature study. The research subjects were biology students at Jember colleges (both private and public), namely IAIN Jember, Jember University, Muhammadiyah University Jember, IKIP PGRI Jember, and Jember Islamic University. The results of the study indicate that the problems experienced by students in implementing online learning can be grouped into internal and external obstacles. The most dominant obstacles are obstacles originating from external factors namely internet quota and practicum implementation, and then internal factors that are quite inhibiting are students' understanding of thematerial. Kebijakan belajar dari rumah menyebabkan semua lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Dalam pelaksanaannya ditemukan berbagai hambatan yang dialami mahasiswa selama pembelajaran daring berlangsung, khususnya bagi mahasiswa biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi hambatan mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup, wawancara, dan studi pustaka. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa biologi di perguruan tinggi Jember (baik swasta maupun negeri) yaitu IAIN Jember, Universitas Jember, Universitas Muhammadiyah Jember, IKIP PGRI Jember, dan Universitas Islam Jember. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang dialami mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring dapat di kelompokkan menjadi hambatan internal dan eksternal. Hambatan yang paling dominan adalah hambatan yang berasal dari faktor eksternal yaitu kuota internet dan pelaksanaan praktikum kemudian faktor internal yang cukup menghambat yaitu pemahaman mahasiswa terhadap materi. Kata kunci: covid-19, hambatan, mahasiswa, pembelajaran biologi daring

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alv

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Biologi, baik kajian literatur maupun kajian lapang ...