ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol. 1 No. 2 (2020): ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi

Persepsi Mahasiswa Biologi terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19

Sidatul Maulah (IAIN Jember)
Farikhatun Nurul A (IAIN Jember)
Nofida R. Ummah (IAIN Jember)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2020

Abstract

Dengan adanya pendemi COVID-19 membuat perkuliahan tidak dapat berjalan secara normal. Dengan ini perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Jember dengan mengikuti arahan pemerintah untuk melaksanakan secara daring atau online sehingga memungkinkan untuk penerapan perkuliahan daring. Penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa Biologi mengenai media pembelajaran dalam perkuliahan daring, model komunikasi pembelajaran, gaya belajar, dan keefektifan perkuliahan daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Jumlah sampel penelitian sebanyak 50 mahasiswa dengan pemberian angket secara online Dengan populasi kampus yang ada di Kabupaten Jember meliputi IAIN Jember, IKIP Jember, UNMU Jember, UNEJ, UIJ yang sudah melaksanakan daring selama karantina covid 19. Dari pengisian angket online mahasiswa lebih menyukai aplikasi whatsapp sebagai media pembelajaran yang efektif, model komunikasi semi dua arah, gaya belajar visual, dan dengan adanya perkuliahan daring ini mahasiswa Biologi masih kurang puas atas apa yang diterima selama perkuliahan daring, karena ada berbagai faktor yang membuat merasa kurang puas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alv

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Biologi, baik kajian literatur maupun kajian lapang ...