Asy-Syarikah : Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol 3 No 2 (2021): Asy-Syarikah Volume 3 Nomor 2 September Tahun 2021

ANALISIS KOMPARATIF INCOME STATEMENT APPROACH DAN VALUE ADDED APPROACH PADA KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH (STUDI PADA BANK MUAMALAT CABANG MAKASSAR)

Jumardi Jumardi (Unknown)
Nurhayani Nurhayani (Unknown)
Suhartono Suhartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan bank syariah dengan menggunakan income Statement Approach dan Value Added Aproach berdasarkan rasio keuangan. Rasio keuangan yang digunakan terdiri dari ROA, ROE, rasio perbandingan antara total laba bersih dengan total aktiva produktif, NPM, dan BOPO. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Makassaer. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dokumenter dimana sulmber data adalah laporan keuangan PT. BMI Cabang Makassar, dalam hal ini laporan keuangan tahun 2007-2011 untuk masing-masing pendekatan yaitu Income Statement Approach dan Value Added Approach. Alat analisis yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif dan analisis uji beda t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata rasio keuangan (ROA, ROE, perbandingan laba bersih dengan aktiva produktif, dan NPM) terdapat perbedaan yang signifikan antara Income Statement Approach dan Value Added Approach, sedangkan pada rasio BOPO antara Income Statement Approach dan Value Added Approach tidak terdapat perbedaan. Akan tetapi bila dilihat secara keseluruhan tingkat profitabilitas menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara Income Statement Approach dan Value Added Approach.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asy-syarikah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam memuat seputar masalah lembaga keuangan, ekonomi, dan bisnis baik bersifat konvensional maupun syariah. Dikelola oleh Prodi Perbankan Syariah. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Maret dan bulan September setiap tahun. Fokus bidang ...