Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI)
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI) Vol. 3 No. 1, Mei 2021

PENGARUH MEREK SYARIAH, PELAYANAN SYARIAH, DAN KEPATUHAN SYARIAH TERHADAP CITRA BANK SYARIAH DI PT. BANK SYARIAH MANDIRI KOTA SABANG

Rahmi Aggraini Putri (Universitas Syiah Kuala)
Nurma Sari (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
10 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh merek syariah, pelayanan syariah dan kepatuhan syariah terhadap citra bank syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Bank Syariah Mandiri Kota Sabang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian 120 responden. Untuk metode analisis data menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi pengaruh merek syariah, pelayanan syariah, dan kepatuhan syariah terhadap citra bank syariah sebesar 64,5%. Sementara sisanya 35,5% menunjukkan bahwa adanya faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi variabel citra bank syariah.  This research aims to test and analyze the influence of sharia brand, sharia services and sharia compliance to the image of Sharia banks. The research methods used are quantitative research methods. The population in this research is customers at PT. Bank Syariah Mandiri Kota Sabang with sampling techniques uses purposive sampling and obtained sample research of 120 respondents. For data analysis methods use multiple linear regression analysis methods with SPSS. The results of this study showed that the correlation of sharia brand influence, sharia service, and sharia compliance to sharia bank imagery amounted to 64.5%. While the remaining 35.5% indicates that there are other factors that can affect the image variable of Sharia banks.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EKI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam (JIMEKI)) merupakan jurnal ilmiah dwi tahunan bidang Ekonomi Islam yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh bekerjasama dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI), DPW Aceh sejak ...