Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 1 (2021): Journal On Teacher Education

ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 MUKOMUKO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Titik Kartiningsih (STKIP PGRI Sumatera Barat)
Zulfa Zulfa (STKIP PGRI Sumatera Barat)
Jaenam Jaenam (STKIP PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sebaran materi pokok, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, dan tingkat berfikir pada soal Ujian Akhir Semester Ganjil mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI di SMA Negeri 3 Mukomuko. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah Studi Dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara memilah soal kemudian menggolongkan soal, lalu mengklasifikasi dengan persentase. Hasil dari penelitian yaitu bahwa sebaran materi dan Kompetensi Dasar pada soal Ujian Akhir Semester ganjil dikategorikan belum merata, karena terdapat satu Kompetensi Dasar yang tidak ada soalnya. Persebaran Indikator Pencapaian Kompetensi pada soal Ujian Akhir Semester ganjil belum juga merata, karena banyak indikator yang tidak memiliki soal, dan satu indikator yang yang terdapat banyak soal. Untuk sebaran tingkat berfikir pada soal Ujian Akhir Semester ganjil belum merata. Soal lebih banyak menggunakan tingkat berfikir level C1, C2 dan C3, sehingga termasuk soal yang LOTS.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...