Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2017): INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia - Edisi Desember 2017

Pembingkaian Pesan dan Perubahan Fungsi Utilitas Konsumen Produk Ramah Lingkungan: Sebuah Rerangka Konseptual

Andhy Setyawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

Terdapat irisan yang besar antara teori ekonomi dan ilmu manajemen dalam hal perilaku konsumen. Banyak konsep teori ekonomi yang diterapkan dalam menganalisis perilaku konsumen. Perilaku konsumen sangat erat kaitannya dengan teori utilitas, yang merupakan salah satu teori penting dalam ilmu ekonomi. Konsumen cenderung memilih produk yang memberikan nilai utilitas atau manfaat yang maksimal. Berkaitan dengan isu keberlanjutan lingkungan hidup, konsumen diperhadapkan pada produk yang ramah lingkungan disamping produk konvensional yang ada. Masih rendahnya konsumsi produk ramah lingkungan dibandingkan produk konvensional merupakan salah satu masalah praktis yang dihadapi pemasar dalam area pemasaran produk ramah lingkungan. Penulisan artikel ini bertujuan memberikan rerangka konseptual untuk meningkatkan persepsi utilitas konsumen pada produk ramah lingkungan melalui pembingkaian pesan dalam komunikasi pemasaran. Telaah pustaka mengenai pembingkaian pesan pada peningkatan persepsi utilitas konsumen produk ramah lingkungan menjadi diskusi utama dalam artikel ini. Pembingkaian pesan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan pemasar untuk merubah preferensi konsumen dari produk konvensional menjadi produk ramah lingkungan dengan meningkatkan persepsi utilitas konsumen.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal-inobis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia (INOBIS), diterbitkan oleh Pengurus Forum Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, secara berkala empat kali dalam setahun. Jurnal INOBIS bertujuan untuk menyebar luaskan hasil penelitian di bidang manajemen dan bisnis kepada para akademisi, praktisi, ...