Kinesik
Vol. 7 No. 2 (2020): August

BAHASA SATIRE DALAM KOMIK STRIP PADA AKUN INSTAGRAM @TAHILALATS

Siti Anjani (Universitas Tadulako, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2020

Abstract

Latar belakang penelitian adalah bahasa satire yang termuat pada komik strip tahilalats mempunyai pengemasan satire dalam strip yang memiliki daya tarik tersendiri sebagai sarana koreksi perbaikan diri dengan cara menyindir kesalahan atau kekeliruan yang dilakukan pada masyarakat melalui ilustrasi komik strip secara tidak langsung. Tujuan penelitian untuk mengetahui bahasa satire pada teks-teks komik strip tahilalats. Penelitian menggunakan metode analisis semiotika Ferdinand de Saussure yakni dua pendekatan Signified (Petanda) dan Signifier (Penanda). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan unit analisis yang diambil secara purposive sampling. Adapun unit analisisnya ialah yang memiliki konteks kehidupan yang termuat dalam komik strip tahilalats. Serta untuk pengambilan unit analisis pada komik strip tahilalats berjumlah delapan komik strip yang diambil menurut dominan cerita yang muncul mengenai profesi yang diunggah pada setiap hari. Berdasarkan hasil unit analisis dapat disimpulkan bahwa delapan komik strip menjelaskan bahasa satire yang ditujukan sebagai cerminan dari masyarakat yang masih belum paham mengenai kebiasaan yang sebaiknya dilakukan. Seperti pada strip pertama menjelaskan etika dalam menyapa satu sama lain, kedua menjelaskan usaha tidak akan menghianati hasil, ketiga mengenai berternak bukan lagi hal yang buruk, keempat mengenai adanya strata, kelima mengenai etika dalam berbahasa, keenam mengenai pandangan sebelah mata untuk perempuan, ketujuh mengenai cerminan diri sebagai perumpamaan anjing, delapan mengenai profesi yang tidak sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Kinesik

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

KINESIK journal focuses on research and contemporary thinking in the field of Communication Studies in various angles/perspectives. such as: Media, New Media, and Communication Technologies Audio/Visual Communications Marketing Communications Political-Communications Journalism Public Relations ...