ProTVF: Jurnal Kajian Televisi dan FIlm
Vol 5, No 2 (2021): September 2021

Proses review film-film Indonesia oleh komunitas film Cine Crib

Sandi Jaya Saputra (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai proses Cine Crib dalam me-review film-film Indonesia. Cine Crib adalah komunitas film dengan jumlah subscribers YouTube tertinggi (216.000), yang digawangi Aria Gardhadipura, atau yang biasa dipanggil Aria. Kepopuleran Cine Crib saat ini tidak berbanding lurus dengan pemahaman khalayak terkait apa itu review, essay dan kritik film. Melalui penelitian ini, khalayak diharapkan mampu mendapatkan sebuah rujukan yang komprehensif dalam konteks review film. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan empat aspek proses review film-film Indonesia oleh Cine Crib, yaitu: (1) Bagaimana proses Cine Crib sebagai komunitas menentukan film yang akan di-review; (2) Bagaimana menentukan reviewer film; (3) Kaidah apa yang dipakai dalam me-review; dan (4) Bagaimana proses kurasi material video review yang memenuhi standar Cine Crib. Metode deskriptif kualitatif menjadi dipilih untuk memberikan pondasi dari semua tahapan yang dirancang berurut mengenai apa itu review film. Secara teoretis, penulis menggunakan pendekatan Planning, Organizing, Actuating dan Controlling (POAC) yang dicangkokkan dalam penelitian ini untuk melihat apakah Cine Crib bekerja secara terstruktur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian dokumen, wawancara dan observasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: (1) Tidak ada tema khusus dalam me-review film, karena reviewer film diberikan kebebasan sesuai dengan ketertarikan masing-masing; (2) Aria selaku editor dan bisa dikatakan “kurator” tidak menentukan reviewer film; (3) Cine Crib memodifikasi teori umum dalam mengkaji atau mengkritik film sesuai kebutuhan dan kenyamanan reviewer film; dan (4) Aria menentukan proses editing dan kurasi material video review.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

protvf

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

ProTVF is published twice a year (March and September) published by the Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran. ProTVF provides open access to the public to read abstract and complete papers. ProTVF focuses on Television and Film ...