Abstract: The purpose of this study is to describe the profile of online learning students’ written mathematical communication in solving problems about curved three dimensional objects. The problem given is a contextual problem and delivered online to 2 students in Bimbingan Belajar Gracia in 9th grade. The indicator is adapted from previous researchs and is using QCAI criteria. The result shows that one of two students is able to respond clearly and state verbal sentence to mathematical expresion. Both students are less able to communicate their mathematical thinking to others and haven’t been able to give argumentation to support their answer.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil komunikasi matematis tulis siswa pembelajaran daring dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi lengkung. Masalah yang diberikan merupakan soal cerita kontekstual yang terdiri dari satu butir soal dan diberikan secara daring kepada 2 siswa les daring kelas IX Bimbingan Belajar Gracia. Indikator yang dipakai merupakan adaptasi dari beberapa indikator dari penelitian terdahulu dan menggunakan kriteria QCAI. Hasil  penelitian menunjukkan satu dari dua siswa sudah dapat merespon dengan jelas dan menyatakan kalimat biasa menjadi kalimat matematika. Kedua siswa kurang dapat mengkomunikasikan gagasan secara efektif kepada orang lain, serta kedua siswa belum dapat memberikan argumen pendukung jawaban.
Copyrights © 2021