MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 6 No 1 (2019): Maret

Hubungan Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor

Muhanah Herlianah (STKIP Arahmaniyah Depok)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2019

Abstract

Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, sedangkan rencana penelitian dimulai bulan Februari 2017 sampai dengan bulan Juni 2017. Penelitian ini dilakukan pada seluruh siswa kelas VI di seluruh SD Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat yang berjumlah populasi terjangkau 338 orang siswa yang berada di 7 Sekolah Dasar (SD). Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional (proportional random sampling) sebanyak 40 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Kebiasaan Belajar (X1) mempunyai hubungan positif dengan kekuatan hubungan sangat kuat dengan Hasil belajar PKn (Y) pada materi menghargai nilai juang para perumus Pancasila siswa kelas VI SD di Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, dengan nilai korelasi sebesar 0,900. Sedangkan Motivasi Belajar (X2) mempunyai hubungan positif dan sangat kuat dengan Hasil belajar PKn (Y) pada materi menghargai nilai juang para perumus Pancasila siswa kelas VI SD di Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, dengan nilai korelasi sebesar 0,924.

Copyrights © 2019