ARSHI Veterinary Letters
Vol. 5 No. 1 (2021): ARSHI Veterinary Letters - Februari 2021

Histopatologi kejadian obstruksi intestinal pada kucing Persia

Ida Sukma Kuswardhani (Program Profesi Dokter Hewan, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Brawijaya, Malang)
Albiruni Haryo (Departemen Patologi Anatomi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, Indonesia)
Muhamad Arfan Lesmana (Departemen Klinik, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Brawijaya, Malang)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

Seekor kucing berjenis kelamin betina, dan berumur 2 tahun dibawa ke Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Brawijaya dengan kondisi lemas. Keluhan dari pemilik, kucing tidak mau makan, tidak ada muntah, tidak ada diare, dan diberikan vitamin. Kucing Caca menunjukkan suhu tubuh 37,6ÂșC, mukosa pucat, letarghi, palpasi abdomen tidak terdapat nyeri, tidak terdapat jaundice, dan cuping hidung kering. Pemeriksaan hematologi tampak anemia, trombositopenia, dan limfositopenia. Citra radiografi terlihat adanya benda asing dalam usus halus. Kucing di rawat inap selama 7 hari dan tidak menunjukkan perbaikan perkembangan, mengalami kematian dan dilakukan nekropsi untuk pemeriksaan histopatologi. Pemeriksaan histopatologi organ ileum terlihat adanya rupture pada mukosa hingga lapisan submukosa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

arshivetlett

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Veterinary

Description

ARSHI Veterinary Letters (ARSHI Vet Lett) (e-ISSN 2581-2416) is an open access, peer-reviewed, online journal that publishes original manuscript should be produced from latest scientific results which not last than 5 years in all areas of veterinary sciences. Manuscripts is written in Indonesian or ...