Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 4, No 2 (2021): Oktober

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Keterampilan Kolaborasi terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Alamsyah Alamsyah (SD Negeri 8 Damar)
Maman Rumanta (Universitas Terbuka)
Widiasih Widiasih (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang diakibatkan oleh kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dan lemahnya keterampilan kolaborasi siswa sebagai modal dalam belajar IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh project based learning tehadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA pada tingkat keterampilan kolaborasi siswa yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pola pretest-posttest control group design yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN Kecamatan Damar,  data hasil penelitian diperloeh dengan menggunakan instrumen berupa lembar tes hasil belajar siswa dan lembar observasi keterampilan kolaborasi, data dianalisis dengan menggunakan uji two way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan mengguunakan project based learning dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan project based learning. Rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan kolaborasi tinggi cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan kolaborasi rendah yang dipengaruhi oleh penggunaan model project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...