JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Analisis Nilai Cinta Kasih Pada Novel Mariposa Karya Luluk Hidayatul Fajriyah

Apriyanti, Dila (Unknown)
Maspuroh, Uah (Unknown)
Rosalina, Sinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2021

Abstract

Novel merupakan bentuk karya sastra prosa yang sekaligus disebut fiksi, berisi suatu cerita yang panjang dan tentu mengandung unsur pembangun. Cerita yang diangkat biasanya tidak lain menyangkut kehidupan sehari-hari sehingga dapat memotivasi para pembaca. Novel yang berjudul Mariposa karya Luluk Hidayatul Fajriyah menarik penulis untuk menganalisis nilai cinta kasih yang terkandung dalam novel tersebut. Bentuk penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Dalam hal ini, peneliti mendeskripsikan nilai-nilai cinta kasih pada novel. Data penelitian ini berupa kutipan-kutipan (kata, frasa, dan kalimat) yang berkaitan dengan permasalahan dalam novel Mariposa. Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan, karena penelitian ini didukung oleh referensi teks novel maupun sumber buku penunjang lainnya yang mencangkup masalah dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan langkah-langkah, yaitu (1) mendeskripsikan data, (2) melakukan analisis, (3) menginterpretasikan data, (4) meyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dalam novel Mariposa karya Luluk Hidayatul Fajriyah ditemukan nilai-nilai cinta kasih di antaranya (1) nilai cinta kasih antara orang tua dan anak, (2) nilai cinta kasih antara pria dan wanita (3) nilai cinta kasih antara sesama manusia, dan (4) nilai cinta kasih antara manusia dan Tuhan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...