JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalitas Guru

Purbasari, Hanif Yuliana (Unknown)
Fitria, Happy (Unknown)
Martha, Alfroki (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Penelitian kualitatif ini mendeskripsikan pelaksanaan supervisi oleh Kepala Sekolah dalam membina profesionalitas guru. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa Kepala SMAN 1 Banyuasin III telah merencanakan program supervisi dengan membuat tim penyusun program dan analisis hasil supervisi pada awal tahun pelajaran, dan kepala sekolah juga telah melaksanakan supervisi pembinaan profesionalitas, dengan melakukan supervisi teknik individu, dan tindak lanjutnya, satu kali dalam satu semester. Teknik supervisi dilaksanakan dengan menerapkan prinsip-prinsip supervisi yaitu demokrasi, kerja sama, konstruktif dan kreatif. Sedangkan yang menjadi sasaran supervisi pembinaan guru, adalah tugas pokok guru dalam persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian. Profesionalitas guru SMAN 1 Banyuasin III setelah dilakukan supervisi, dibina, oleh kepala sekolah, guru telah memiliki silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan dalam pembelajaran sudah mengadakan apersepsi pada pendahuluan, dapat menguasai kelas, menguasai materi ajar, dan menerapkan model pembelajarn discovery learning, inquiry learning dan project based learning.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...