JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Bimbingan Akademik oleh Dosen Pembimbing Akademik di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP

Susanti, Anggun (Unknown)
Susanti, Lusi (Unknown)
Rifma, Rifma (Unknown)
Santoso, Yulianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini penulis lakukan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap layanan bimbingan akademik oleh Dosen Pembimbing Akademik dari aspek keandalan (reliability),daya tanggap (responsiveness), jaminan kepastian (assurance),empati (empathy),ujudfisik (tangible)di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif. Populasinya ialah mahasiswa angkatan 2015, 2016, 2017 di Jurusan Administrasi FIP UNP yang berjumlah 160 orang dengan sampel 64 dengan simple Random Sampling. Instrument penelitian angket model Rating Scale. Hasil penelitian menunjukkan 1) keandalan (reliability) dalam pelayanan berada pada kategori puas dengan skor rata- rata 3,83,2) daya tanggap (responsiveness) dalam pelayanan berada pada kategori puas dengan skor rata-rata 3,77, 3) Tingkat kepuasan mahasiswa mengenai jaminan kepastian (assurance) dalam pelayanan berada pada kategori puas dengan skor rata-rata3,90, 4) Tingkat kepuasan mahasiswa mengenai empati (empathy) dalam pelayanan berada pada kategori puas dengan skor rata-rata 3,74, 5) Tingkat kepuasan mahasiswa mengenai ujud fisik (tangible) dalam pelayanan berada pada kategori puas dengan skor rata-rata 3,77. Dengan demikian kesimpulan yang dapat kita ambil ialah tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan bimbingan akademik oleh Dosen Pembimbing Akademik di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UNP berada pada kategori puas dengan skor 3,80.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...