JIPB (Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi)
Vol 2 No 2 (2021)

PERSEPSI CALON GURU BIOLOGI TENTANG KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH BIODIVERSITAS: KAJIAN TERKAIT SOCIETY 5.0

Ulfi Faizah (Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya)
Nuryani Yogi Rustaman (Jurusan Biologi, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia)
Reni Ambarwati (Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya)
Dwi Anggorowati Rahayu (Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Menghadapi Revolusi Industri 4.0 masyarakat dunia merespon dengan membentuk Society 5.0. Salah satu ciri khas society 5.0 adalah kemampuan melakukan pemecahan masalah serta dapat hidup secara berkelanjutan dan menjaga harmonisasi dengan lingkungan (termasuk biodiversitas di dalamnya), tetapi kaitan hal tersebut dengan bidang pendidikan masih jarang dikaji. Dalam bidang pendidikan perlu adanya informasi tentang persepsi paramahasiswa dalam melaksanakan keterampilan memecahkan masalah biodiversitas sehingga selanjutnya dapat dilakukan analisis terkait society 5.0 untuk menindaklanjuti program pengembangan keterampilan tersebut menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi calon guru biologi tentang keterampilan memecahkan masalah biodiversitas dan melakukan analisis terkait society 5.0. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan responden mahasiswa calon guru di suatu Universitas di Surabaya Jawa Timur (n = 85). Instrumen berupa angket google form yang berisi pertanyaan tentang keterampilan memecahkan masalah (modifikasi dari framework OECD) saat mahasiswa melaksanakan perkuliahan materi biodiversitas. Data dianalisi secara deskriptif kualitatif kemudian dikaji terkait society 5.0. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata lebih dari 95% responden menyatakan bahwa mereka dalam perkuliahan telah melaksanakan tahapan-tahapan proses pemecahan masalah. Mereka juga menyatakan telah memperoleh kompetensi yang diharapkan. Berdasarkan analisis hasil penelitian terkait society 5.0 maka direkomendasikan untuk mengintegrasikan literasi baru yaitu literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia dalam melaksanakan proses pemecahan masalah. Kesimpulan penelitian adalah berdasarkan persepsi calon guru biologi tentang keterampilan memecahkan masalah biodiversitas mereka menyatakan telah melakukan tahapan-tahapan pelaksanaan proses pemecahan masalah dan memperoleh kompetensi yang diharapkan. Berdasarkan analisis terkait society 5.0, direkomendasikan pelaksanaan proses pemecahanan masalah dengan mengintegrasikan literasi baru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar. Jurnal pendidikan biologi memuat artikel ilmiah dengan topik: 1. Inovasi pembelajaran Biologi 2. Pengembangan Perangkat Pembelajaran ...