Dimensi Matematika : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
Vol 4 No 01 (2021): JURNAL DIMENSI MATEMATIKA

IMPLEMENTASI BUILDING LEARNING POWER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA KELAS IX SMPN 5 KOTA LANGSA

saiman (Unknown)
Amalia R (Unknown)
Zaki M (Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Building Learning Power (BLP) dalam pembelajaran matematika dan mendeskripsikan penumbuhan karakter siswa melalui treatment BLP dalam Pembelajaran Matematika. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data utama dalam penelitian ini berupa kata-kata tertulis serta hasil observasi dan angket siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 5 Langsa Aceh. Berdasarkan data tersebut akan diungkapkan, dianalisa, dan dideskripsikan tentang pelaksanaan BLP dan karakter siswa 33 . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan angket kepada siswa, mengobservasi siswa dan guru pada saat pelaksanaan BLP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persentase rata-rata Pelaksanaan pembelajaran BLP secara keseluruhan adalah 89.8%. dengan demikian pelaksanaan pembelajaran Building Learning Power untuk menumbuhkan karakter siswa dapat dikategorikan baik. Adanya penumbuhan karater siswa berdasarkan pengelompokan komponen karakter pada BLP. Komponen karakter yang paling menonjol penumbuhannya adalah Reflectiveness atau kecerdikan yaitu 61,875. Sedangkan pembentukan komponen karakter yang paling rendah adalah komponen Resilience (ketanguhan), dengan nilai rata-rata 59. Komponen karakter lainnya seperti Devout (berakhlak), Resourcefulness (kecerdasan), Recyprocity (kemandirian dan kerjasama) masing-masing diperoleh rata-rata 60.5, 61, dan 60. Hasil Observasi terkait sikap siswa juga menunjukkan bahwa adanya perbedaan dengan cenderung meningkat dari tiap pertemuan. Pada pertemuan pertama, diperoleh nilai rata-rata penumbuhan karakter adalah 84,05. Pertemuan kedua nilai karakter meningkat menjadi 85,4. Pertemuan ketiga menjadi 87,05, dan pertemuan berikutnya terus naik manjadi 88,6. Pertemuan kelima juga mengalami penikatan karakter siswa menjadi 91,9, dan pertemuan terakhir meningkat menjadi 92.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JDM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Dimensi Matematika menerbitkan naskah-naskah ilmiah bidang pendidikan dan pembelajaran matematika. Tulisan dapat berupa diseminasi hasil penelitian, telaah pustaka ilmiah yang komprehensif atau resensi dari buku ilmiah. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan ...