Jurnal Usia Dini
Vol 5, No 2: Desember 2019

Nilai Karakter pada Dendang Saluang (Studi Etnografi Anak Usia Dini di Kawasan Saribu Rumah Gadang Kabupaten Solok Selatan)

Isa Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dendang saluang sebagai salah satu strategi untuk menanamkan karakter pada anak usia dini di kawasan Saribu Rumah Gadang Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Analisis data yang digunakan yaitu model Spradley. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa dendang saluang yang dinyanyikan oleh orangtua sebelum anak tidur terdiri atas dua jenis yaitu dendang dengan lirik yang baku dan dendang dengan lirik bebas. Nilai-nilai karakter yang ada dalam dendang saluang diantaranya yaitu Cinta terhadap Tuhan YME, Kejujuran, Disiplin, Toleransi, Percaya diri, Mandiri, Tolong menolong, kerjasama, dan gotong royong, Hormat dan sopan, Tanggung jawab, Kerja keras, Kepemimpinan dan keadilan, Kreatif, Rendah hati, Peduli lingkungan, Cinta tanah bangsa dan tanah air.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jud

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang lingkup Jurnal Usia Dini, yaitu: 1. Penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (tumbuh kembang anak usia dini, pola asuh anak usia dini, gizi anak usia dini) 2. Inovasi pembelajaran di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 3. Pengembangan perangkat pembelajaran di bidang Anak Usia Dini 4. ...