Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Bioteknologi Berbasis Bioentrepreneurship: Persepsi Mahasiswa Biologi

Agus Muliadi (Universitas Pendidikan Mandalika)
Ali Imran (Universitas Pendidikan Mandalika)
sabrun sabrun (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa pendidikan biologi terhadap pembelajaran bioteknologi berbasis bioentrepreneurship. Studi ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dimana responden adalah 56 mahasiswa pendidikan biologi di Universitas Pendidikan Mandalika. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dengan skala Guttman dan yang telah divalidasi (validasi ahli). Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial dengan uji Kruskal Wallis. Hasil studi yaitu (1) persepsi mahasiswa pendidikan biologi di Universitas Pendidikan Mandalika terhadap pembelajaran bioteknologi berbasis bioentrepreneurship adalah sangat baik dengan rincian persentase pesepsi mahasiswa semester II sebesar 67,5%, semester IV sebesar 82,5%, semester VI sebesar 96,9%, dan semester VIII sebesar 90%; (2) hasil uji kruskal wallis dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 lebih kecil dari nilai alpha pengujian alpha pengujian (>0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan persepsi mahasiswa pendidikan biologi terhadap pembelajaran bioteknologi berbasis bioentrepreneurship.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...