Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam merencanakan pembelajaran dan untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran di SD Negeri 32 Cakranegara tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 32 Cakranegara tahun ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas tinggi di SD Negeri 32 Cakranegara yang berjumlah 3 orang guru, yaitu guru kelas IV, V, dan VI. Cara pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen pedoman Observasi, Dokumentasi dan Pedoman Wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang ditemukan di lokasi penelitian menunjukkan bahwa pada proses penyusunan perangkat pembelajaran, guru masih menjumpai beberapa kesulitan. Kesulitan-kesulitan tersebut di antaranya pada tahap perencanaan pembelajaran, terletak pada pertimbangan pemahaman peserta didik yang akan diajar menggunakan media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, ditemukan beberapa kesulitan di antaranya terletak pada tingkat kevalidan LKPD yang dibuat, kurang fokusnya siswa dalam memperhatikan penjelasan guru, serta alokasi waktu yang terasa kurang. Selanjutnya pada tahap evaluasi pembelajaran, beberapa kesulitan yang ditemukan di antaranya terletak pada jenjang/ tingkat kesulitan soal yang akan dibuat serta Jumlah siswa yang terlampau banyak, sehingga tidak memungkinkan guru dalam melakukan penilaian sikap secara kontinyu.
Copyrights © 2021