Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Masa Pandemik Covid-19 di SMAN 3 Kota Bima

Amiruddin Amiruddin (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima)
Irma Rubianti (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima)
Nikman Azmin (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima)
Muh Nasir (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima)
Ahmad Sandi (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kurikulum 2013 dalam meningkatkan kualitas pembelajaran masa pandemik Covid-19 di SMAN 3 Kota Bima. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif untuk mengetahui analisis perencanaan dan pelaksanaan kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan dan peningkatan pembelajaran pada masa pandemic covid-19 di SMAN 3 Kota Bima. Hasil Penelitian menunjukan bahwa  penerapan Kurikulum 2013 masa  pandemi Covid-19 di SMAN 3 Kota Bima tidak maksimal hanya berjalan 50 persen, hal ini disebabkan oleh situasi pandemik Covid-19 yang tengah melanda dunia termasuk Indonesia, yang mana hal itu merusak seluruh sektor termasuk pendidikan. Penerapan Kurikulum 2013 di masa pandemi Covid-19 ini sangat sulit untuk  diterapkan, selain karena susahnya belajar melalui komunikasi jarak jauh juga tidak semua siswa dapat mengikutinya dikarenakan masalah waktu, tempat, dan biaya bagi  orang tua. Hal ini berdampak besar bagi perkembangan kemampuan siswa di sekolah. Guru tidak bisa secara maksimal melihat perkembangan siswa, akibatnya siswa tidak dapat mencapai target kurikulum nasional dan kurikulum sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...